Penguatan peran orangtua dalam penanaman karakter anak usia dini melalui parenting akbar
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di RA Muslimat NU 21 An Nuur Sumberdodol, Panekan, Magetan pada 28 Oktober 2025 dengan melibatkan 80 wali murid, 4 guru, 4 mahasiswa PPL, dan 3 relawan. Kegiatan diawali dengan istighosah bersama selama 30 menit, kemudian dilanjutkan dengan Parenting Akbar bertema “Penanaman Karakter Sejak Usia Dini: Menumbuhkan Generasi Berakhlak Mulia.” Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang menekankan partisipasi aktif peserta dalam proses refleksi dan aksi bersama. Hasil menunjukkan peningkatan kesadaran orang tua terhadap pentingnya peran mereka dalam pembentukan karakter anak, serta meningkatnya kemampuan menghadapi permasalahan seperti bullying, trauma, dan pengaruh negatif era digital. Diskusi dan simulasi dalam kegiatan ini juga memperkuat kerja sama antara guru dan orang tua dalam menanamkan nilai kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Secara umum, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi komunitas sekolah, memperkuat sinergi rumah dan lembaga pendidikan, serta menjadi langkah awal pembentukan generasi anak usia dini yang berakhlak mulia dan tangguh menghadapi tantangan zaman.
References
Asy’ari, S. (2021). Kekerasan Terhadap Anak. Jurnal Keislaman, 2(2), 178–194. https://doi.org/10.54298/jk.v2i2.3383
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/55
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=eN5WEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=anak+usia+dini&ots=0Db-yv0pUk&sig=QUa68M_SPQtiMk2EG8Z7cS-o_Ys
Dadisman, K., Nickow, A., & Oreopoulos, P. (2024). The Impact of Early Childhood Parenting Interventions on Child Learning: A Systematic Review and Meta-Analysis. National Bureau of Economic Research. https://doi.org/10.3386/w32959
Dewi, A., & Suryani, T. (2021). Peran Parenting dalam Menumbuhkan Nilai Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 123–132. https://doi.org/10.21009/jpa.102.09
Fitriani, A., & Kurniawan, A. (2022). Keluarga sebagai Benteng Moral Anak di Era Digital. Jurnal Educandum, 19(2), 67–80. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/educandum/article/view/28107
Hidayah, N., & Sa’diyah, M. (2021). Pendidikan Karakter Islam dalam Keluarga di Era Modernisasi. Jurnal Edukasi, 19(2), 109–122. https://doi.org/10.21043/edukasi.v19i2.10687
Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11134.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2020). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-15-5977-4
Knowles, M. (2020). The Modern Practice of Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429268179
Kurniawaty, R. (2020). Membentuk Karakter Anak Usia Dini Dengan Mengenalkan Cerita Rakyat. JCE (Journal of Childhood Education), 4(1), 75. https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.94
Lickona, T. (2019). Education for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books. https://www.worldcat.org/title/education-for-character-how-our-schools-can-teach-respect-and-responsibility/oclc/1152430911
Muslich, M. (2020). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Moral Anak Bangsa. UIN Jakarta Repository. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56723
Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Studi Deskriptif Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/821
Nasution, M. (2023). Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 67–79. https://ejournal.uinsu.ac.id/index.php/jpi/article/view/11293
Rinaldi, M. R., & Putra, D. P. (2023). Terapi Regulasi Emosi Untuk Mengelola Stres Ibu Dengan Anak Pra-Sekolah. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(2), 123–136. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol15.iss2.art3
Sari, R. (2020). Implementasi Program Parenting dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503
Uma, M. C. A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Jurnal of Chemical Information and Modeling, 53.
Zhang, L., & al., et. (2021). Supporting Child Development Through Parenting: Evidence from Community-Based Interventions. Frontiers in Public Health, 9, 671988. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.671988